Penelitian sejarah


Penelitian Sejarah
Penelitian sejarah adalah salah satu metode yang meneliti tentang apa yang terjadi di masa lalu atau masa lampau. Dalam meneliti sebuah sejarah tidaklah mudah, ada banyak langkah dan tahapan yang harus dilakukan oleh seorang sejarawan.
Sejarah
Sejarah adalah studi tentang masa lalu, terutama orang-orang dan peristiwa-peristiwa di masa lalu. Sejarah mengajarkan apa artinya menjadi manusia, menyoroti pencapaian besar dan kesalahan besar manusia. Langkah-langkah penulisan sejarah mengacu pada waktu sebelumnya, orang-orang dan masyarakat yang menghuninya dan peristiwa yang terjadi di sana. Sejarah menggambarkan upaya manusia untuk menyelidiki, mempelajari, dan menjelaskan masa lalu.
Pengertian  dan tujuan penelitian sejarah
Penelitian sejarah merupakan kegiatan penelitian yuang menggambarkan atau mendeskripskan  sejarah dari berbagai hubungan yang benar-benar utuh antara manusia, peristiwa, waktu, tempat secara kronologis dengan memandang keseluruhan obyek yang di observasi.
Unsur unsur pokok penelitan sejarah
1.    Proses pengkajian peristiwa atau kejadian masa lalu
2.    Usaha dilakukan secara sistemats dan obyektif
3.    Merupakan serentetan gmbaran masa lalu yang integratif antara manusia, peristiwa, ruang dan waktu
4.    Peneitian dilakukan secara interaktifndengan gagasan, gerakan, dan intuisi yang hidup pada zamannya.
Tujuan penelitian sejarah
-          Membuat orang menyadari apa yang terjadi pada masa lampau sehingga mereka mungkin bisa belajar dari kegagalan dan keberhasilan pada asa lampau.
-          Mempelajari bagaiman sesuatu telah diakukan pada masa lalu.
-          Membantu menguji hipotesis yang berkenaan engan hubungan atau kecenderungan
-          Memahami praktek pendidikan saat ini secara lebih lengkap
Pemilihan topik peneitian
Topik penelitian sebaiknya di pilih berdasarkan kedekatan emosional dan kedekatan intelektual. Dua syarat ini sangat penting karena orang hanya akan bekerja atau menelti dengan baik kalau orang tersebut menyukai topik tersebut dan mampu dalam mengerjakannya.
Metode Penelitian Sejarah
Metode penelitian sejarah adalah kumpulan teknik dan pedoman yang digunakan sejarawan untuk meneliti dan menulis sejarah masa lalu. Sumber primer dan bukti lain termasuk yang berasal dari arkeologi digunakan.
-          Kedekatan emosional topik yang diteliti dekat secara emosional dengan peneiti seperti misalnya daerah tempat peneliti berasal.
-          Kedekatan intelektual peneliti menguasai topik yang di teitidengan mencari tahu lebih dalam tentang topik tersbut.
-          Rencana penelitian peneliti mengetahui apa  saja yang harus disiapkan dan dilakukan secara berurutan.
Metode atau langkah-langkah dalam penelitian sejarah
1.      Teknik Heuristik
Heuristik berasal dari bahasa yunani heuriskein yang berarti mencari atau menemukan . nama lain heuristik daam ppenelitian sejarah adalah mengumpulkan sumber. Kerja peneliti dalam hal ini yaitu mengu,pulkan dan melacak berbagai bukti dan informasi tentang topik penelitiannya.
2.      Teknik verifikasi
Verifikasi adalah pengujian terhadap sumber-sumber tersebut, dengan membandingkan data demi mendapatkan data yang paling mendekati kebenaran.
3.      Interpretasi
Interpretasi adalah menafsirkan fakta sejarah dan merangkai fakta tersebut menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal. Interpretasi dalam sejarah dapat juga diartikan sebagai penafsiran suatu peristiwa atau memberikan pandangan teoritis terhadap suatu peristiwa
4.      Historiografi
Historiografi berasal dari bahsa latin yang berarti historiograpia yang memiliki akar bahsa historia yang berarti sejarah, narasi dan graphia yang berarti penulisan.
Histoiografi merupakan tahap akhir dari metode sejarah yakni berupa kegiatan menulis sejarah, dalam tahap historografi fakta-faktayang telah dikumpulkan, di kritik, dan diinterpretasikan kemudian disajikan dalam bentuk tulisan yang logis, sistematis, dan bermakna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEBUDAYAAN BACSON HOABINH, DONGSON,SA HUYNH DAN INDIA

Kehidupan Awal Masyarakat di Kepulauan Indonesia

PERADABAN MESOPOTAMIA